Tekno  

Aplikasi Proxy Langkah Jitu Pengoptimalan Kinerja Internet

Aplikasi Proxy
freepik.com

Aplikasi proxy lebih populer dikenal sebagai sistem keamanan. Sistem pada proxy merupakan penengah antara user dan internet guna menyamarkan identitas user yang bersangkutan.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi proxy?

Aplikasi Proxy
freepik.com

Seputar Aplikasi Proxy

Proxy server merupakan piranti efektif untuk menjaga keamanan serta mengoptimalkan pengalaman berselancar di internet. Hal ini benar adanya bahwa fungsi proxy tidaklah terbatas pada keamanan, tetapi juga mencakup kontrol dan pemantauan aktivitas dalam jaringan komputer.

Pengertian Proxy Server

Sederhananya, proxy server adalah server komputer penyedia layanan untuk meneruskan permintaan pengguna ke server lain melalui internet. Proxy server memungkinkan komputer dapat terhubung dengan mudah ke komputer lain melalui internet.

Biasanya, penggunaan proxy server untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung ke jaringan publik. Server ini ditempatkan di antara aplikasi klien (seperti web browser atau client FTP) dan aplikasi server (seperti server FTP atau web server).

Pengertian Proxy Server Menurut Para Pakar

Mari kita kupas tuntas definisi proxy server menurut para ahli berikut.

Menurut Wagito, definisi proxy server adalah server dengan penempatan antara aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Fungsinya adalah sebagai pengendalian dan pemantauan lalu lintas data yang melewatinya.

Sedangkan Wikipedia mendefinisikan proxy server sebagai komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lain. Tujuannya tidak lain untuk melakukan suatu permintaan terhadap konten dari internet.

Cara Kerja Proxy Server

Setelah memahami apa itu aplikasi proxy server, kita perlu tahu cara kerjanya. Aplikasi ini bertindak sebagai penghubung antara komputer dan internet. User menggunakan layanan proxy server untuk melakukan permintaan data atau file dari internet.

Kemudian, proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah permintaan itu berasal dari server tersebut. Ini membantu menyamarkan atau menyembunyikan identitas alamat IP pengguna.

Fungsi

Sebenarnya, apa sih fungsi aplikasi proxy? Mari kita cari tahu dalam ulasan berikut ini.

  • Fungsi Connection Sharing. Bahwa proxy server berfungsi sebagai gateway yang memberikan batasan penggunaan jaringan lokal dan luar secara bersamaan.
  • Fungsi Filtering, yakni fungsi untuk melakukan penyaringan data. Tujuannya untuk mengurangi risiko dan melindungi jaringan lokal dari serangan luar.
  • Fungsi Caching. Merujuk pada fungsi caching, bahwa proxy sebagai tempat menyimpan objek dan data yang pernah diakses serta membantu mendeteksi dokumen-dokumen yang sering diakses di komputer perusahaan.
  • Berikutnya ada fungsi Masking. Dengan proxy memungkinkan menyembunyikan identitas pengguna internet dengan mengganti alamat IP.

Manfaat Proxy Server

Selain fungsi utamanya, penggunaan proxy server memberikan manfaat. Beralih ke manfaat, inilah sederet manfaat aplikasi proxy yang bisa Anda ketahui.

  • Menghemat bandwidth melalui proses caching. Meningkatkan kinerja internet dengan cara mengurangi beban bandwidth.
  • Pemblokir situs tertentu atau situs yang tidak diinginkan. Adanya aplikasi proxy, secara otomatis mampu memblokir situs-situs tidak diinginkan melalui fitur filtering.
  • Meningkatkan keamanan dari serangan virus dan malware.
  • Dengan penghematan bandwidth, besar kemungkinan akses internet menjadi lebih cepat.

Adapun jenis proxy server meliputi:

  • Anonymous Proxy (Proksi Anonim).
  • High Anonymity Proxy.
  • Transparent Proxy.
  • Reverse Proxy, dan
  • Distorting Proxy.

Risiko Penggunaan Aplikasi Proxy

Meski memberikan manfaat, tidak dapat dipungkiri jika penggunaan aplikasi proxy server pun memiliki risiko. Mulai dari kasus penyimpanan data pengguna, ketidakkompatibelan, berpotensi mengalami malware, boros bandwidth, hingga masalah keamanan data.

Tertarik menggunakan aplikasi proxy? Pastikan memilih penyedia layanan proxy profesional dan terpercaya.