Tekno  

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop dengan Berbagai Langkah

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop dengan Berbagai Langkah
pixabay.com

Cara mengatasi kursor hilang menjadi salah satu cara yang dicari oleh banyak orang. Kursor hilang menjadi salah satu masalah yang umum terjadi pada berbagai jenis laptop. Bahkan pada laptop merk terbaru sekalipun bisa memungkinkan kursor hilang entah ke mana.

Hal ini tentu akan membuat para pengguna laptop merasa panik. Apalagi ketika Anda sedang menjalankan aktivitas yang penting tentu semuanya akan terasa menyebalkan.

Cara Mengatasi Kursor Hilang dengan Langkah Mudah

Seperti pada perangkat lainnya, laptop juga umum terjadi masalah secara tiba-tiba. Hal ini tentu wajar saja bila terjadi apalagi seiring waktu pemakaian. Salah satu masalah yang umum terjadi pada laptop yaitu seperti kursor tiba-tiba hilang. Kursor laptop yang tiba-tiba hilang tentu bisa membuat para penggunanya panik dan khawatir.

Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat kursor tiba-tiba hilang pada laptop. Beberapa penyebab tersebut yaitu seperti pengaturan mouse yang salah, driver mouse bermasalah, sistem bermasalah, bug pada sistem operasi, sampai port USB bermasalah. Semua masalah tersebut memungkinkan kursor tiba-tiba menghilang dari layar laptop.

Tidak perlu khawatir karena masalah tersebut memiliki beberapa solusi yang bisa Anda lakukan. Solusi mengatasi kursor laptop hilang juga tergolong mudah. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kursor yang hilang:

Lakukan Restart pada Laptop

Cara mengatasi kursor hilang pertama yaitu dengan melakukan restart pada laptop. Salah satu faktor yang membuat kursor hilang yaitu sistem mengalami hang atau masalah. Hal ini membuat laptop tidak bisa merespon dan memunculkan kursor.

Dalam mengatasi masalah ini Anda bisa melakukan pada laptop dengan menekan tombol ALT + F4. Berikut merupakan cara restart laptop jika mendapati kursor hilang:

  1. Langkah pertama tekan tombol Windows pada keyboard Anda terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya pada halaman start menu tekan tombol Tab untuk memunculkan kotak sebagai pengganti kursor.
  3. Kemudian arahkan kotak tersebut menggunakan tombol panah sampai pada ikon power.
  4. Setelah itu pada ikon power, klik enter untuk melakukan pemilihan.
  5. Kemudian pada ikon power tersebut akan muncul  lalu pilih restart dan tekan enter.

Pastikan Bahwa Perangkat Mouse Aktif

Apabila kursor Anda hilang maka perlu memastikan bahwa perangkat mouse aktif. Apabila kursor hilang dan masih tidak kunjung muncul maka Anda perlu memastikan bahwa perangkat mouse yang terhubung dengan PC benar-benar aktif. Langkahnya mudah Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama buka menu setting Windows terlebih dahulu dengan klik tombol kombinasi Windows + I.
  2. Apabila langkah tersebut tidak berhasil Anda bisa tekan tombol Windows kemudian ketik setting, lalu klik enter.
  3. Kemudian setelah masuk ke pengaturan Windows, gunakan Tab atau arahkan pada keyboard untuk akses menu devices.
  4. Setelah itu Ani bisa masuk pada menu mouse dan pilih opsi additional mouse option.
  5. Selanjutnya, masuk pada tab hardware dan pilih mouse yang sedang Anda gunakan.
  6. Kemudian pilih menu properties maka akan terbuka Tab baru dan masuk ke tab driver pastikan apabila mouse tersebut aktif.
  7. Apabila belum aktif Anda bisa pilih enable device lalu tekan enter untuk konfirmasi.

Unlock Touchpad Laptop

Cara mengatasi kursor hilang selanjutnya yaitu dengan unlock touchpad laptop. Pada beberapa seri laptop terdapat fitur khusus yang bisa Anda gunakan untuk mengunci touchpad laptop. Fitur ini bisa pengguna aktifkan atau nonaktifkan melalui keyboard. Maka dari itu bisa saja Anda tidak sengaja mengunci touchpad laptop sehingga kursor menjadi hilang. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasi kursor hilang dengan unlock touchpad laptop seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama, periksa baris keyboard F1 sampai F12 dan temukan tombol yang terdapat ikon atau logo touchpad.
  2. Kemudian, apabila Anda sudah menemukannya klik tombol FN + tombol touchpad tersebut.
  3. Setelah itu Anda bisa memeriksa kembali kursor pada layar laptop. Apabila kursor Anda hilang karena touchpad terkunci, maka masalah akan teratasi menggunakan cara ini.

Menggunakan USB Port Lain

Cara mengatasi kursor hilang selanjutnya yaitu dengan menggunakan USB port lain. Anda bisa menggunakan Mouse USB dan coba gunakan port USB lain untuk memastikan bahwa kursor hilang karena mouse rusak. Selain itu, Anda juga bisa coba untuk mencolokkan USB ke port lain pada laptop.

Cabut dan colokan kembali USB mouse ke bagian part tersebut. Umumnya dengan melakukan hal tersebut mouse akan membuat koneksi baru dengan laptop sehingga kursor muncul kembali. Sehingga Anda bisa melanjutkan aktivitas penggunaan laptop dengan lancar.

Update Driver Mouse dan Touchpad

Kursor yang hilang pada laptop juga bisa terjadi karena terdapat masalah pada driver mouse atau touchpad. Apabila driver mouse atau touchpad tidak kompatibel dengan sistem Windows maka menyebabkan kerusakan tidak terlihat. Maka dari itu, Anda bisa melakukan update pada driver Mouse atau top speed untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan cara mengatasi kursor hilang dengan update driver mouse dan touchpad:

  1. Langkah pertama tekan Windows + R untuk membuka jendela Run.
  2. Selanjutnya Anda bisa ketik devmgmt.msc lalu klik enter.
  3. Apabila sudah Anda akan memasuki halaman Device Manager. Gunakan tombol panah bawah supaya bisa mencapai menu mice and other pointing devices.
  4. Setelah itu, tekan tombol panah kanan untuk membuka menu dropdown.
  5. Nantinya akan tampil daftar driver yang terpasang untuk touchpad atau mouse, lalu pilih driver mouse yang bernama hid compliant mouse dan klik enter.
  6. Kemudian tekan tombol tab sampai muncul kolom pada menu bagian atas.
  7. Selanjutnya arahkan menggunakan panah untuk menuju ke tab driver.
  8. Setelah itu, tekan tap lagi sampai kolom berada pada menu update driver, lalu klik enter.
  9. Kemudian akan muncul jendela baru dan pilih opsi search automatically for updated driver software.
  10. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai proses pencarian dan pemasangan driver selesai.

Reinstall Driver pada Device Manager

Anda bisa mengatasi kursor hilang dengan reinstall driver. Apabila driver mouse dan touchpad yang sudah terpasang merupakan yang terbaru dan ketika Anda update pasti tidak menemukan pembaruan tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan reinstall driver yang terpasang apabila terdapat masalah atau bahkan corrupt. Dengan reinstall driver tersebut driver bisa normal dan kursor menjadi muncul.

Langkahnya sama dengan cara update driver mouse dan touchpad tetapi kenapa pada langkah 8 Anda bisa pilih uninstall driver atau device. Setelah anda sudah berhasil uninstall driver maka restart laptop Anda. Setelah itu, apabila laptop hidup maka driver akan terinstal secara otomatis untuk driver touchpad.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi kursor hilang yang bisa Anda ketahui. Beberapa langkah tersebut akan membantu Anda untuk memperbaiki kursor yang tiba-tiba hilang pada laptop. Sehingga nantinya kenyamanan menggunakan laptop bisa Anda rasakan.