Laptop  

MSI Katana GF66, Cocok untuk Gamer Harga Terjangkau

MSI Katana GF66
www.msi.com

MSI Katana GF66 merupakan salah satu laptop gaming yang memiliki high performance serta harga terjangkau. Perangkat tersebut hadir dengan harga kurang lebihnya Rp 14 jutaan. Unit MSI Katana seri GF tersebut memakai prosesor Core i5 generasi ke-11 terbaru yaitu 6 Core 12 thread serta telah memakai GPU NVIDIA RTX 3000 series.

MSI Katana hadir menjadi laptop gaming dengan harga yang terjangkau. Pasalnya tergolong laptop gaming atau hack performance namun performanya naik drastis daripada pendahulunya. Berikut ini ulasan mengenai MSI Katana seri GF66.

Mengetahui Laptop Gaming MSI Katana GF66

Laptop gaming dengan harga yang terbilang murah kerap kali tidak ada yang mengenalnya. Penggunaan GPU serta CPU yang kompeten membuat laptop tersebut mampu menangani game-game berat serta aktivitas berat lainnya.

MSI Katana GF66 mengikuti tren tersebut, akan tetapi untuk performanya sendiri solid. Wajar saja jika laptop tersebut menjadi pilihan harga yang terjangkau. Siapapun akan memilikinya dengan keuntungan yang laptop berikan. Langsung saja kita bahas mengenai laptop gaming tersebut.

Spesifikasi Dasar

MSI Katana GFF66 menggunakan prosesor Intel Core i5-14400H. Pada versi sekarang ini menggunakan 6-core/12 thread. Sementara untuk versi sebelumnya menggunakan Core i5 yang hanya mempunyai 4-core/8 thread. Kemudian MSI GF66 menggunakan Base Clock 2.7 GHz serta Max Turbo frekuensi 4.5 GHz.

Penggunaan prosesor yang sekarang Intel Smart sebesar 12 MB sementara versi sebelumnya hanya mempunyai 8 MB saja. Terjadi peningkatan sebesar 50%. Peningkatan kapasitas tersebut memastikan performa yang lancar serta cepat tanpa adanya hambatan.

Pada MSI Katana GF66 terdapat 8 GB DDR4-300 SODIMM Single Channel. Sudah terdapat Dual slot SODIMM. Satu slot sudah terisi. Latar tersebut mendukung konfigurasi Dual Channel. Anda bisa melakukan upgrade sampai 64 GB Dual Channel.

Penyimpanan 512 GB SSD PCIE NVME yang bisa memberikan ruang cukup dalam memasang game serta aplikasi. Laptop tersebut tidak adanya slot M.2 tambahan. Terdapat ruang serta konektor untuk penyimpanan SATA 2.5 inch. Adanya slot SATA bisa untuk upgrade penyimpanan memberikan fleksibilitas dalam menambah penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Desain

MSI Katana GF66 mempunyai desain Form Factor Clamshell atau laptop klasik yang menggunakan material Polikarbonat. Desainnya hampir sama seperti laptop MSI seri GF pendahulunya.

Laptop tersebut termasuk juga memiliki desain yang simple minimalis, tanpa adanya aksen gaming yang terlihat menonjol. Hal itulah yang membuat laptop condong lebih terlihat formal. Bagian belakang layar laptop terdapat logo icon MSI Dragon.

Penggunaan warna laptop yaitu hitam polos pada seluruh body. MSI Katana GF66 mempunyai dimensi panjang 35,9 cm x lebar 25,9 cm x tebal 2,49 cm. Sedangkan untuk bobotnya sebesar 2.24 kg serta chargernya 300 gram. Total bobot secara keseluruhan yaitu 2,54 kg.

Beralih ke bagian display, laptop tersebut mempunyai layar dengan ukuran 15.6 yang yang menggunakan resolusi Full HD 1920 X 1080p memakai panel IPS-Level. Refresh rate yang cukup pada laptop gaming yakni 144 Hz.

Cakupan warna yang dimiliki yaitu 4 Panelook atau NTSC dengan tingkatan kecerahan mencapai 250 nits untuk  Panelook. Permukaan layar yaitu matte atau anti glare, sehingga membuatnya nyaman dipakai bebas terhadap pantulan cahaya.

Engsel pada laptop mencapai 180 derajat. Itu artinya akan lebih mudah dalam mengatur sudut ketika Anda gunakan. Bezel kanan serta kiri cukup tipis. Sementara bezel atas terlihat lebih tebal sebab terdapat kamera 720p30.

Keyboard

Perangkat tersebut menggunakan keyboard chiclet dengan layout khas MSI. Keyboard MSI Katana GF66 menggunakan border berwarna merah pada setiap tombolnya serta numpad pada sebelah kanan.

Bagian tombol anak panah dengan ukuran full size serta tombol power yang menyatu dengan layout keyboard terletak pada pojok kanan atas. Tombol tersebut bukan berada di tombol delete untuk meminimalisir adanya salah pencet.

Terdapat pula backlight keyboard, namun hanya mempunyai satu warna yakni merah. Anda sebagai pengguna dapat mengatur tiga tingkat kecerahan terhadap backlight keyboard tersebut.

Sedangkan untuk touchpad, memiliki ukuran yang terbilang besar maka nyaman untuk Anda pakai. Tata letaknya sendiri di center to space-bar guna meminimalisir ketidaksengajaan tersentuh oleh telapak tangan ketika Anda mengetik. Tidak terdapat tombol khusus klik kanan atau kiri, serta touchpad yang mendukung Windows Precision Driver.

Port

Perlu Anda garis bawahi, MSI Katana GF66 memiliki port yang bisa memberikan kesan baru. Bagian kiri tersemat colokan listrik dan 2 port USB Type A. Sedangkan pada di sisi kanan terdapat port Ethernet RJ45, port USB Type C, port HDMI, port USB Type A, serta Jack Phone.

Jika Anda dapat mengetahui bahwa laptop gaming tersebut menggunakan keyboard yang berwarna merah, maka touchpadnya memiliki ukuran yang lebih besar. Tata letaknya sangatlah center maka bisa meminimalisir untuk Anda jika tidak sengaja menyentuh menggunakan tangan saat membawanya.

Audio

MSI Katana GF66 memiliki speaker yang tertanam pada laptop, sehingga membuat vokal terdengar nyaman di telinga. Instrumen perkusinya juga terdengar lebih tajam. Jadi, bila hanya musik yang ada pada game saja, laptop tersebut menjadi rajanya. Bagian audionya, menggunakan dua stereo speaker pada sisi bagian bawah kanan kiri laptop.

Adapun alasannya yaitu dalam penerbitan tersebut MSI juga menyertakan aplikasi audio Nahimic yang merupakan steelseries. Walaupun demikian, adanya aplikasi tersebut juga mampu dalam merubah suara, akan tetapi tetap saja tampak bagus.

Dalam aplikasi tersebut juga terdapat setting mengenai surround, suara, treble, bass, stabilisasi. Berbekal spesifikasi serta fitur yang tersemat dalam laptop Katana GF66 cukup lengkap. Bahkan sebagian orang mengatakan bahwa laptop tersebut menjadi laptop gahar.

Suhu serta Performa Baterai

Sistem pendinginan yang dipakai oleh MSI Katana seri GF66 merupakan teknologi dengan nama cooler Boost 5. Pada sistem pendinginan tersebut terdapat 6 buah heatpipe dengan menggunakan material tembaga yang mendistribusikan udara panas yang laptop produksi melalui dua buah kipas.

Heatipe tersebut terbagi menjadi 2 untuk CPU serta 6 untuk GPU. Sedangkan mengenai suaranya, laptop tersebut terbilang sunyi jika sedang dalam keadaan stabil. Namun, di sisi lain cukup berisik saat mengerjakan pekerjaan yang terbilang berat.

Di sisi lain, laptop tersebut memakai baterai yang berukuran kecil dengan daya 53.5 Whr. Apabila keadaan daya sedang terisi penuh baterai tersebut mampu berjalan sampai 5 jam saat dalam penggunaan standar. Sementara jika Anda gunakan untuk gaming, baterainya hanya bisa berjalan sampai 2 jam saja.

Nah bagi Anda sedang mencari laptop gaming, maka seri MSI Katana GF66 merupakan rekomendasi terbaik yang wajib Anda beli. Terdapat salah satu game yang bisa dijalankan pada laptop tersebut yaitu game AAA seperti Assassin’s Creed Valhalla terhadap preset Ultra High di resolusi 1080p. Game lainya seperti Watch Dogs Legion terhadap preset Ultra di resolusi FHD. Terlepas dari itu semua, laptop perlu diperhatikan jika masih ada kekurangannya. Meskipun demikian, spesifikasi serta fitur yang tersemat tidak perlu diragukan lagi. Cocok bagi Anda yang suka bermain game atau seorang gamer.