Laptop  

Laptop Tidak Konek WiFi, Atasi dengan Trik Praktis Berikut

Laptop Tidak Konek WiFi
drivereasy.com

Laptop tidak konek WiFi dapat menjadi masalah yang sering terjadi. WiFi merupakan teknologi nirkabel yang dapat memungkinkan beberapa perangkat laptop atau PC saling terhubung tanpa harus menggunakan kabel. Dengan adanya WiFi, maka dapat mempermudah pengguna dalam mengakses internet tanpa harus menyambungkan kabel LAN pada laptop.

Akan tetapi, bagaimana jika perangkat laptop tidak dapat terhubung dengan WiFi? Tentu hal ini dapat menjadi kendala untuk aktivitas Anda. Tidak perlu khawatir, berikut ini akan kita ulas secara lebih lengkap bagaimana cara mengatasi perangkat laptop yang tidak terhubung dengan WiFi.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Konek WiFi

Di era digital saat ini, koneksi internet memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan mobile. Sebagian besar perangkat akan sangat terbantu dengan adanya koneksi internet, baik itu dengan sistem nirkabel atau LAN.

Sebagian besar perangkat modern telah memilih kemampuan untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi. Akan tetapi tidak jarang adanya perangkat laptop yang tidak bisa konek ke jaringan WiFi. lalu apakah penyebab dari permasalahan ini?

Banyak alasan mengapa laptop tidak dapat terhubung dengan jaringan WiFi. Mulai dari adanya kesalahan pada konfigurasi, driver, setting hingga terbatasnya akses ke WiFi yang bersangkutan. Namun tidak khawatir, berikut ini beberapa solusi untuk dapat mengatasi laptop tidak konek ke WiFi antara lain:

1. Pengaturan Jaringan Internet

Untuk mengatasi masalah laptop yang tidak bisa konek ke jaringan WiFi, maka Anda dapat memanfaatkan fitur Reset Network. Melalui fitur ini Anda dapat menghapus semua preferensi jaringan yang telah diatur sebelumnya serta memasang ulang komponen adaptor jaringan. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan mengubah IP Address dan DNS Server:

  • Langkah pertama klik ikon Star yang terdapat pada taskbar laptop yang Anda gunakan.
  • Selanjutnya klik setting, pilih network dan internet lalu klik advanced Network settings.
  • Berikutnya pilih Network Reset klik Reset Now.
  • Setelah itu, klik Yes untuk dapat mengonfirmasi Network Reset.
  • Langkah terakhir silakan restart pada perangkat laptop Anda.

2. Sesuaikan Pengaturan SSID

Salah satu hal sepele yang dapat mengakibatkan laptop tidak konek WiFi adalah pengaturan SSID yang salah. Hal ini dapat menyebabkan sistem tidak bekerja dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Tekan tombol Windows atau Start kemudian pilih setting Network & Internet.
  • Selanjutnya pilih menu Change Adapter Setting yang terdapat di bagian kanan bawah.
  • Langkah berikutnya klik kanan pada sistem Wireless Connection dan tekan Properties.
  • Pilih opsi Internet Protocol Version 4 yang ada di tab networking klik dua kali.
  • Lalu pilih menu Obtain IP Address Automatically dan Obtain DNS Server Address Automatically.
  • Kemudian silakan klik menu OK.

3. Re-connect Wifi dengan Mode Pesawat

Jika metode sebelumnya masih tidak berhasil, trik selanjutnya adalah dengan melakukan Re-connect Wi-Fi. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mengaktifkan Airplane Mode (mode pesawat) dalam beberapa saat kemudian mematikannya.

Tujuan dari metode ini adalah memperbarui preferensi jaringan WiFi yang Anda gunakan. Caranya dengan klik ikon jaringan WiFi yang terdapat pada Taskbar. Lalu klik fitur Airplane mode dan diamkan dalam beberapa waktu selanjutnya matikan kembali fitur tersebut.

Masih banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laptop tidak konek WiFi pada perangkat Anda. Pastikan untuk melakukan pengecekan kembali pengaturan router maupun komputer Anda. Lakukan restart perangkat baik router atau laptop sehingga masalah dapat teratasi dengan baik.