Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot Agar Kembali Lancar

Jaringan WiFi Lemot
pixabay.com

Jaringan WiFi lemot tentu sangat mengganggu sehingga kita harus segera mengatasinya. Cara mengatasi masalah ini pun cukup beragam mulai dari mengatur posisi router, membatasi jumlah pengguna, mengubah saluran WiFi, dan lain sebagainya. Dengan cara tersebut maka sinyal WiFi bisa semakin lancar dan tidak lemot.

WiFi lambat atau lemot sendiri memang bisa terjadi karena berbagai penyebab. Misalnya yaitu karena sinyal dari router terhambat oleh sesuatu seperti dinding. Penyebab lainnya yaitu karena pengguna WiFi yang terlalu banyak apalagi jika digunakan untuk aktivitas yang berat seperti mengunduh film atau bermain game.

WiFi lemot juga bisa terjadi karena router membutuhkan restart apalagi jika pengguna juga sudah sangat lama menggunakannya. Saluran atau frekuensi WiFi yang tidak tepat juga bisa membuatnya lemot. Sebab saluran atau channel WiFi tersebut bisa saling bersinggungan atau tumpang tindih dengan WiFi milik orang lainnya.

Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot

WiFi yang lemot tentunya sangat mengganggu, apalagi jika WiFi tersebut memang milik pribadi bukan WiFi umum. Ketika jaringan WiFi lambat, aktivitas selama menggunakannya juga akan menjadi lebih lambat. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu berbagai aktifitas online pengguna WiFi.

Lambatnya WiFi juga bisa berakibat fatal ketika pengguna menggunakannya untuk berbagai keperluan yang penting. Misalnya untuk menyelesaikan pekerjaan, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, meeting online, dan kegiatan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, pengguna harus segera mengatasi masalah itu.

Cara mengatasi WiFi lemot sendiri cukup beragam dan mudah. Berikut adalah beberapa caranya:

Atur Posisi Router dengan Benar

Cara mengatasi jaringan WiFi lemot pertama yaitu mengatur posisi router apalagi jika posisi router memang kurang tepat seperti tertutup tembok atau terlalu rendah. Pindahkan router dari tempat semula ke tempat yang lebih tinggi dan bebas hambatan. Dengan begitu, sinyal bisa lebih optimal dan perangkat bisa menangkapnya dengan maksimal.

Membatasi Pengguna

Pengguna WiFi yang terlalu banyak juga menjadi salah satu penyebab WiFi lambat. Untuk mengatasinya, maka bisa dengan membatasi jumlah pengguna agar tidak terlalu banyak. Jangan lupa juga untuk mengganti password WiFi secara berkala agar orang lain tidak mudah menyusup dan menggunakan WiFi tersebut sehingga membuatnya lemot.

Mengubah Saluran WiFi

Cara mengatasi masalah ini selanjutnya yaitu dengan mengubah saluran WiFi sesuai dengan frekuensi yang digunakan. Contohnya, jika menggunakan frekuensi 5 GHz, maka bisa memilih saluran 48, 44, 40, atau 36. Jika menggunakan frekuensi 2,4 GHz, maka bisa menggunakan saluran 1, 6, atau 1 agar jaringan WiFi lemot bisa kembali lancar.

Restart Router

Selain ponsel atau router juga memerlukan restart secara berkala. Karena itu, untuk kembali membuat sinyal lancar, maka cobalah untuk merestart laptop dengan mematikannya selama beberapa saat misalnya 1 menit. Setelah itu, hidupkan kembali dan nyalakan WiFi seperti biasanya. Lalu cobalah menggunakan WiFi untuk mengakses internet.

Update Firmware Router

Cara selanjutnya yaitu dengan mengupdate firmware router jika memang tersedia untuk router yang digunakan. Dengan memperbarui firmware ke versi yang terbaru maka bisa membantu meningkatkan kinerja router WiFi, memperbaiki bug, hingga meningkatkan keamanan. Sehingga pengguna bisa menggunakan WiFi dengan nyaman.

Cara mengatasi jaringan WiFi lemot tersebut tentunya cukup efektif untuk membuatnya kembali lancar. Baik dengan mengubah posisi router, mengubah saluran, membatasi pengguna, restart router, maupun mengupdate firmware router cukup mudah untuk dilakukan. Setelahnya maka pengguna bisa menggunakan WiFi untuk berbagai kegiatan dengan lancar.