Laptop  

ASUS X515 Cocok untuk Memenuhi Kebutuhan Multimedia Ringan

ASUS X515
tombolmedia.com

ASUS X515 merupakan laptop besutan ASUS dengan harga terjangkau yang sesuai untuk penggunaan ringan. Laptop yang dilengkapi dengan sasis plastik dan desain tipis serta ringan ini sangat cocok untuk para siswa atau pelajar yang memerlukan laptop guna menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa laptop ini bisa digunakan untuk bermain game ringan. Hal ini berkat adanya dari Prosesor Intel Generasi ke-10 yang mendukung kinerja dari keseluruhan sistemnya.

Spesifikasi Laptop ASUS X515

Hal pertama yang paling menonjol dari laptop ini adalah bagian eksterior dan interior. Meski keseluruhan strukturnya menggunakan bahan dasar plastik, tetapi kualitasnya terbilang bagus dan mumpuni. Tambahan logam pada bagian tepi layar dan bagian bawah keyboard, membantunya lebih kokoh dan memiliki daya tahan yang cukup baik.

Spesifikasi ukuran laptop ini adalah lebar 36 cm, dalam 23,5 dan tinggi 2,1 cm dengan bobot kurang lebih 1,8 kg. Spesifikasi ini memudahkan pengguna untuk membawanya kemana saja saat bepergian.

Laptop X515 ini hadir dengan Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, hingga 4.7 GHz, 4-cores/8-threads). Kelengkapan ini membuatnya mampu bekerja dengan baik untuk berbagai aktivitas multimedia maupun game ringan. Semakin menarik dengan adanya kapasitas RAM mencapai 16 GB dan penyimpanan internal sebesar 512 GB.

Performa

ASUS X515 memiliki performa yang mumpuni untuk kebutuhan pelajar maupun gaming ringan. Jadi, bagi pengguna yang memerlukan laptop untuk kebutuhan lebih dari itu, laptop ini tidak direkomendasikan.

Hal tersebut karena target pasar laptop kelas pemula besutan ASUS yang satu ini hanyalah sebagai laptop kelas entry level saja. Jadi, keberadaannya bukan sekelas dengan laptop gaming yang mampu menjalankan game AAA, tetapi hanya sebagai laptop pelajar.

ASUS membekali laptop ini dengan processor Intel Core i7-1165G7 dengan konfigurasi 4 cores dan 8 threads serta kecepatan core clock mencapai 4.7 GHz. Sedangkan, GPU-nya hadir dalam dua versi, yaitu GPU terintegrasi dengan prosesor Intel Iris Xe dan GPU diskrit NVIDIA GeForce MX 330.

Desain dan Display

ASUS terkenal sebagai pabrikan yang sangat memperhatikan desain dari setiap produknya. Hal ini bisa kita buktikan melalui ASUS X515 yang merupakan laptop entry level. Meski termasuk dalam kategori pemula, tetapi laptop ini mengusung spesifikasi desain dan tampilan yang tak tanggung-tanggung.

Bezel tipis pada bagian tepi laptop membuatnya tampak lebih apik dan minimalis secara bersamaan. Sementara, pada bagian atasnya memiliki bezel yang cukup tebal untuk memudahkan peletakkan webcam-nya. Spesifikasi desain seperti ini terbilang bagus untuk sekelas laptop entry level.

Laptop besutan ASUS ini juga mengusung layar Full HD atau 1080p dengan refresh rate 60 Hz. Lebih menariknya lagi, panel laptop ini sudah terverifikasi PANTONE sehingga cukup mumpuni untuk pengguna yang ingin menggunakannya dalam hal desain grafis atau editing video.

Baterai

Untuk baterainya, ASUS melengkapi laptop ini dengan baterai 2 cell LI-ion 4850 mAh. Dengan baterai ini pengguna bisa menggunakan selama kurang lebih 4 jam penuh laptop untuk kebutuhan browsing atau mengerjakan tugas.

Sebenarnya, daya tahan baterai ini dapat mencapai 6 jam jika kecerahan layarnya berada pada tingkat yang paling rendah. Selain itu, bagi pengguna yang ingin menggunakannya untuk bermain game, sebaiknya persiapkan tempat pengisian daya terlebih dahulu, karena baterainya tidak akan tahan lama untuk kegiatan ini.

Laptop ASUS X515 merupakan laptop entry level dengan spesifikasi mumpuni untuk kebutuhan pelajar serta gaming ringan. Bahkan, dengan laptop ini pengguna sudah bisa menjalankan kegiatan desain grafis dan editing video. Jika pengguna menginginkan laptop untuk memenuhi kebutuhan tugas sekolah atau kegiatan multimedia ringan lainnya, laptop ini dapat menjadi pertimbangan.