Perbedaan LAN dan WAN dari Karakteristik hingga Komponennya

Perbedaan LAN dan WAN
pixabay.com

Perbedaan LAN dan WAN bisa terlihat dari beberapa faktor mulai dari koneksi, kecepatan, hingga komponennya. Dalam jaringan internet, istilah LAN dan WAN tentunya sudah tidak terdengar asing lagi. Sebab keduanya merupakan jaringan internet komputer yang sudah cukup terkenal untuk berbagai kebutuhan seperti bisnis maupun kebutuhan rumah tangga.

LAN sendiri merupakan singkatan dari Local Area Network yaitu jaringan komputer yang hanya melingkupi satu wilayah saja seperti di warnet, hingga sekolah. Penggunaannya biasanya hanya pada area yang tercover saja dengan menghubungkan beberapa perangkat keras ke internet dengan perangkat sederhana seperti Router, Hub, kabel UTP, dan switch.

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network yang merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup lebih luas bahkan bisa mencapai satu negara. Karena itu, WAN menggunakan kabel yang berbeda seperti kabel telepon, kabel serat optik, bahkan menggunakan satelit. Siklus komunikasi seperti satelit atau jaringan telepon bisa mempengaruhi kecepatannya.

Perbedaan LAN dan WAN dari Beberapa Faktor

Local Area Network dan Wide Area Network tentu memiliki beberapa perbedaan tersendiri. Berikut adalah beberapa perbedaannya dari beberapa faktor:

Karakteristik

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi karakteristik keduanya yang memang cukup berbeda. Karakteristik LAN tidak memerlukan operator maupun jaringan telekomunikasi, bisa digunakan untuk pribadi, jaringan LAN akan berjalan melewati Administrasi lokal, dan umumnya memiliki 1 server yang berguna untuk melayani permintaan dari komputer klien.

Sedangkan karakteristik WAN yaitu harus menggunakan operator telekomunikasi yang berguna agar perangkat lainnya bisa saling terhubung. Jaringan WAN berjalan pada layer fisik dan data link dari layer OSI, bisa menukar data antara switch atau router, dan bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak bisa terhubung oleh LAN maupun MAN.

Koneksi

Perbedaan LAN dan WAN dalam hal koneksi, LAN bersifat fisik menggunakan kabel atau titik akses nirkabel. Kelebihnannya memugkinkan komunikasi yang lebih cepat antar perangkat dalam geografis terbatas. Sementara itu, WAN menggunakan koneksi virtual melalui internet publik yang bisa menghubungkan perangkat melalui wilayah geografi lebih besar.

Kecepatan

Jaringan LAN menawarkan penundaan propagasi yang rendah dan menawarkan kecepatan transfer daya yang tinggi. Penundaan propagasi sendiri yaitu waktu yang dibutuhkan oleh sinyal untuk berjalan dari satu titik jaringan ke titik lainnya. Kepadatan lalu lintas LAN juga lebih rendah karena mendukung pengguna dalam jumlah sedikit.

Sementara itu, WAN memiliki penundaan propagasi yang lebih tinggi dan kecepatan transfer datanya lebih rendah. Kecepatan tersebut terpengaruhi oleh jarak geografisnya yang memang lebih besar. Selain itu banyak juga koneksi WAN yang didasarkan dengan infrastruktur publik. WAN juga mengalami kepadatan lalu lintas yang lebih tinggi.

Perbedaan LAN dan WAN dari Faktor Komponen

Pada jaringan LAN menggunakan peralatan komunikasi data (DCE) lapisan OSI 1 dan 2. Perangkat lapisan 1 seperti repeater dan hub yang secara fisik mengirimkan data melalui jaringan. Sementara itu pada lapisan 2 seperti bridge dan switch. Fungsinya membagun dan menjaga komunikasi antar perangkat yang ada pada segmen jaringan sama.

Sedangkan komponen WAN menggunakan DCE dari lapisan 1, 2, dan 3. Lapisan 1 dan 2 kurang lebih sama dengan pada LAN. Sedangkan pada lapisan 3 yaitu merutekan data antara segmen jaringan berbeda. Cara kerjanya yaitu dengan memeriksa alamat paket data yang masuk terlebih dahulu sebelum kemudian meneruskannya ke jaringan tujuan yang benar.

Perbedaan LAN dan WAN memang terlihat cukup jelas dan beragam. dari segi karakteristik, koneksi, kecepatan, hingga komponennya ternyata memang cukup berbeda. Dengan pembahasan ini pun kita bisa semakin paham mengenai dua jenis jaringan ini.