Gadget  

Cara Menghemat Baterai iPhone Supaya Awet dan Tidak Boros

Cara Menghemat Baterai iPhone
pexels.com

Cara menghemat baterai iPhone bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Mulai dari mengurangi tingkat kecerahan layar iPhone, update iOS, hingga menggunakan mode pesawat. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, penggunaan iPhone menjadi lebih efektif karena daya baterai tidak cepat habis.

10+ Cara Menghemat Baterai iPhone

Sebenarnya, beberapa seri iPhone sudah dibekali dengan fitur low power mode. Fitur ini berfungsi untuk menghemat baterai iPhone supaya lebih awet dan tidak boros.

Selain mengaktifkan fitur low power mode, ada sejumlah cara lain yang bisa diterapkan. Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

1. Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar iPhone

Cara menghemat baterai iPhone pertama kali yang bisa diterapkan, yakni dengan mengurangi tingkat kecerahan layarnya. Layar iPhone yang semakin cerah, penggunaan daya baterainya juga semakin besar.

Hal ini dapat menyebabkan daya baterai menjadi lebih cepat habis. Untuk mengatasinya, cobalah atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pertama, silahkan masuk ke pusat kontrol.
  2. Setelah itu, seret kecerahan ke arah bawah untuk mengurangi kecerahannya. Jika ingin meningkatkan kecerahannya, cukup dengan menyeretnya ke atas.

2. Mengaktifkan Dark Mode

Cara lainnya adalah dengan mengaktifkan Dark Mode. Namun, tidak semua iPhone memiliki fitur ini. Untuk sementara ini, hanya iPhone yang sudah dibekali dengan panel oled yang bisa menggunakannya.

Pengaktifan Dark Mode pada iPhone yang sudah memiliki panel oled, memberikan dampak positif pada penggunaan baterai. Guna mengaktifkannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, silahkan buka menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Kemudian, klik “Display and Brightness”.
  3. Selanjutnya, pilih “Dark Mode”.

3. Menonaktifkan Always-on Display

Ada berbagai macam faktor yang membuat baterai iPhone boros. Satu diantaranya adalah aktifnya Always-on Display.

Supaya baterai semakin hemat, nonaktifkan fitur tersebut. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi menjadi cara yang cukup efektif untuk mengontrol penggunaan baterai iPhone. Jika penasaran dengan caranya, mari ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Kemudian, pilih “Tampilan dan Kecerahan”.
  3. Setelah itu, geser “Always-on Display” on ke off atau mati.

4. Menonaktifkan Background App Refresh

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya, yakni dengan menonaktifkan Background App Refresh. Background App Refresh merupakan fitur yang berfungsi untuk merefresh konten pada sisi background.

Ketika membuka aplikasi, konten yang ada di dalamnya akan di-refresh pada sisi background. Karena proses ini, daya baterai semakin terkuras.

Secara default iPhone akan mengaktifkan auto refresh pada aplikasi yang sudah dibuka meskipun tidak sedang digunakan. Terlalu sering mengaktifkan Background App Refresh, dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan baterai. Jika ingin menerapkan cara ini, langsung saja simak langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan menuju menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Jika sudah, temukan menu “General”.
  3. Klik “Background App Refresh”.
  4. Selanjutnya, silahkan pilih aplikasi mana saja yang ingin diaktifkan dan dinonaktifkan.

5. Menggunakan Mode Pesawat

Ketika mengaktifkan mode pesawat maka tidak akan menggunakan jaringan seluler dari SIM Card. Hal ini menjadi salah satu cara yang tak kalah efektif untuk menghemat baterai iPhone.

Jika sedang berada di tempat yang terhubung dengan wifi, sebaiknya aktifkan mode pesawat. Pengguna tetap bisa menggunakan internet tanpa menguras daya baterai. Untuk mengaktifkan mode pesawat, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan menuju control center dan klik ikon pesawat.
  2. Setelah itu, mode pesawat akan segera aktif.
  3. Ketika ikon pesawat muncul di atas layar, maka jaringan seluler akan mati.

6. Update iOS ke Versi Terbaru

Saat update iOS ke versi terbaru, iPhone berada pada kondisi yang paling optimal. Itu artinya memiliki performa yang baik. Kondisi ini memberikan dampak yang bagus pada baterai.

Selain itu, dengan mengupdate iOS ke versi baru, dapat memperbaiki bug pada iOS versi lama. Jika tertarik untuk menggunakan cara ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Silahkan buka menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Setelah itu, klik “General”.
  3. Lanjut klik “Software Update”.
  4. Jika muncul tanda software update, langsung saja klik “Install”.

7. Menonaktifkan Mode Lokasi

Menonaktifkan mode lokasi juga dapat menjadi salah satu cara menghemat baterai iPhone. Ketika tidak mengaktifkan mode lokasi, sistem kerja iPhone menjadi semakin ringan.

Itu artinya, konsumsi daya baterai semakin sedikit. Jika pengguna tidak memerlukan mode layanan lokasi, sebaiknya menonaktifkan mode lokasi tersebut.

Untuk menerapkan cara ini, sama mudahnya dengan cara lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, kunjungi menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Setelah itu, pilih “Privasi dan Keamanan”.
  3. Lanjut pilih “Layanan Lokasi”.
  4. Berikutnya klik “Tidak Pernah” jika ingin menonaktifkan mode lokasi secara keseluruhan.
  5. Jika membutuhkan mode lokasi untuk aplikasi tertentu seperti Maps, bisa memilih aplikasi Maps saja yang bisa mengakses lokasi pengguna saat ini.

8. Menonaktifkan Fitur Hey Siri

Umumnya, fitur Hey Siri masih belum support dengan bahasa Indonesia. Pengguna bisa menonaktifkan fitur tersebut jika tidak digunakan.

Dengan tidak mengaktifkannya bisa menghemat daya baterai sekian persen setiap harinya. Sehingga, penggunaan baterai menjadi semakin efektif. Cara menonaktifkan fitur Hey Siri, bisa dilihat di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Kemudian, cari dan temukan “Siri & Search”.
  3. Nonaktifkan toggle yang terletak di sebelah “Listen for Hey Siri”.

9. Membatasi Notifikasi yang Masuk

Membatasi notifikasi yang masuk, dapat memberikan kontribusi nyata pada penggunaan baterai iPhone. Ketika notifikasi yang masuk hanya sedikit atau sesuai kebutuhan saja, maka sistem kerja iPhone menjadi lebih ringan.

Agar iPhone tidak menerima terlalu banyak notifikasi, silahkan atur melalui menu Pengaturan. Langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka menu “Pengaturan” atau “Settings”.
  2. Setelah itu, kunjungi “Notifikasi”.
  3. Nonaktifkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan dan biarkan notifikasi tetap aktif untuk aplikasi paling sering digunakan.

10. Pastikan Ruang Penyimpanan Cukup

Ruang penyimpanan memang tidak memiliki hubungan atau keterkaitan secara langsung dengan baterai. Akan tetapi, ruang penyimpanan yang cukup, sistem kerja iPhone akan lebih cepat dalam membaca aplikasi.

Sehingga, tidak terlalu memberikan beban yang berat pada iPhone. Hal inilah yang mempengaruhi penggunaan baterai iPhone tetap awet.

Kelola ruang penyimpanan dengan sebaik mungkin. Jika ada aplikasi yang tidak diperlukan lagi, ada baiknya untuk menghapusnya.

Kemudian, terkait foto bisa memindahkannya ke flashdisk, laptop, atau Google Drive. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan iCloud sebagai media penyimpanan online jika memang diperlukan.

11. Hindarkan iPhone dari Paparan Sinar Matahari

Meski tampak sepele, tidak meletakkan iPhone di bawah paparan sinar matahari juga dapat menghemat penggunaan baterai. Suhu yang tinggi atau rendah dapat mempengaruhi konsumsi daya baterai iPhone.

Pasalnya, sistem kerja iPhone menjadi semakin berat. Dengan selalu melindungi iPhone dari lingkungan yang ekstrim dapat menjaga kondisi baterai.

Cara menghemat baterai iPhone tidak hanya memberikan dampak positif pada penggunaannya saja. Akan tetapi, juga mempengaruhi kesehatan baterainya. Sehingga, iPhone bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.