Warta  

Maret Pastikan Kalian Dapat Kuota Internet Gratis, Nih Caranya

Internet Gratis Kemendikbud

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Kemendikbud hanya akan memberikan satu jenis kuota data internet, yaitu kuota umum. Merujuk pada Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021, volume kuota data tahun ini menurun, namun proporsi kuota umum lebih besar.

Penerima bantuan dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi yang dapat menunjang PJJ, termasuk YouTube, dengan kuota umum ini. Namun kuota umum ini tidak bisa dipakai untuk mengakses game, media sosial seperti Facebook, TikTok, Instagram, dsb., dan halaman internet lain yang diblokir.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota data internet gratis untuk pelajar, mahasiswa, dan guru di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Pemerintah Menggelontorkan Dana, khususnya ex Pasien Covid-19

Jadwal Penyaluran Bantuan Kuota Internet

Kuota data internet gratis ini akan disalurkan selama tiga bulan ke depan, mulai dari Maret hingga Mei 2021. Penyaluran kuota internet akan dimulai pada tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama hingga ketiga memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari, terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Senin (1/3), banyak siswa dan orang tua merasa terbantu dengan bantuan kuota meski terkadang susah mencari sinyal.

Bantuan kuota internet gratis akan dimulai pada bulan Maret 2021 dan berlangsung selama tiga bulan. Kuota yang diberikan berupa kuota umum yang bisa digunakan secara fleksibel.

Besaran kuota data internet

Besaran kuota data internet gratis yang dibagikan Kemendikbud untuk masing-masing peserta didik dan pengajar:

  • Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan.
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar hingga menengah: 10 GB per bulan.
  • Pendidik PAUD hingga menengah: 12 GB per bulan.
  • Mahasiswa dan dosen: 15 GB per bulan.

Disalurkan pada tanggal 11-15 tiap bulannya dan berlaku selama 30 hari sejak kuota diterima.

Syarat Penerima Kuota Internet Gratis Kemendikbud

Bagi siswa dan pendidik yang ingin mendapatkan bantuan kuota dari pemerintah, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi.

Siswa PAUD hingga menengah:
  • Terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Memiliki nomor ponsel aktif atas nama siswa atau orang tua/anggota keluarga/wali
Pendidik jenjang PAUD hingga menengah:
  • Terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Memiliki nomor ponsel aktif
Mahasiswa:
  • Terdaftar di aplikasi PD Dikti berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree)
  • Memiliki Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester berjalan
  • Memiliki nomor ponsel aktif
Dosen:
  • Terdaftar di aplikasi PD Dikti dan berstatus aktif
  • Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP)
  • Memiliki nomor ponsel aktif

Begini Cara dapat kuota internet gratis Kemendikbud

Untuk para penerima bantuan kuota data internet yang ada perubahan nomor atau belum menerima bantuan kuota internet gratis pada program sebelumnya masih dapat mendaftarkan namun pencairan kuota bagi pendaftar baru akan cair pada bulan April 2021.

Berikut prosedur yang harus dilakukan untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh bantuan kuota data internet gratis dari Kemendikbud.

  1. Calon penerima dapat melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota internet.
  2. Pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru melalui vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau melalui pddikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang pendidikan tinggi.

Demikian informasi terkait bantuan kuota internet gratis bagi para siswa, mahasiswa, guru dan dosen yang akan cair pada tanggal 11 – 15 Maret 2021 mendatang.