Laptop  

Cara Membersihkan Layar Laptop, Jaga Tampilan dan Kualitasnya

Cara Membersihkan Layar Laptop
freepik.com

Cara membersihkan layar laptop tak sesulit yang Anda bayangkan. Bentangan layar termasuk satu dari sekian banyak elemen laptop yang perlu Anda jaga sebagaimana mestinya. Jikalau kualitas bentangan layarnya terjaga dengan optimal, maka bisa memberikan keuntungan ketika Anda mengoperasikan perangkat.

Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Mudah

Membersihkan layar di laptop bisa Anda lakukan secara mudah. Caranya pun juga beragam. Adapun beberapa caranya ialah sebagai berikut.

Menggunakan Cairan Pembersih LCD

Trik yang bisa Anda lakukan dalam cara membersihkan layar laptop ialah memanfaatkan cairan pembersih khusus LCD. Berkat pengaplikasian cairan khusus tersebut, maka proses pembersihan bisa berlangsung secara aman.

Lebih dari itu, hasilnya juga memuaskan. Pasalnya, cara ini bisa menghilangkan jamur, noda, maupun debu. Akan tetapi, sebelum memanfaatkan cairan pembersih LCD tersebut, Anda harus memastikan kondisi laptop sudah mati terlebih dahulu.

Kemudian Anda juga perlu memastikan bahwa sedang tidak mengisi baterai laptop. Sesudah memastikan hal tersebut, Anda bisa langsung memanfaatkan pembersih LCD sehingga proses pembersihan layar jadi maksimal.

Akan tetapi, untuk Anda yang menggunakan layar laptop non LCD, tak perlu menggunakan cairan pembersih LCD. Anda hanya perlu memanfaatkan campuran sabun cuci piring dan air.

Akan tetapi, Anda hanya cukup menggunakannya sedikit saja atau seperlunya. Apabila berlebihan atau bahkan merendam layar laptop, jelas bisa merusak perangkat.

Memanfaatkan Kain Microfiber

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk membersihkan layar di laptop yaitu memanfaatkan kain microfiber. Pemanfaatan kain tersebut sangatlah penting karena bisa mencegah lecet ataupun goresan di layar laptop.

Khusus untuk siapapun yang belum tahu jenis kain ini, selayaknya pahami bahwa sebenarnya berupa kain sintetis. Produk ini asalnya dari polyamide dan polyester.

Dengan bahan tersebut, kain ini memiliki serat halus. Karena hal itu, kainnya tidak akan merusak tampilan layar laptop Anda.

Usap dengan Hati-hati

Anda juga harus memperhatikan gerakan tangan ketika membersihkan layar laptop menggunakan kain ini. Pastikan Anda melakukannya secara perlahan dan hati-hati.

Dalam membersihkan layar pun, Anda jangan menggosoknya terlalu keras. Hal tersebut bisa merusak komponen internal yang ada di layar laptop.

Tidak hanya itu, layar laptop juga bisa terkena goresan. Akibatnya, ada bintik perubahan warna atau menandakan piksel di layar mati secara permanen.

Hal tersebut jelas mengganggu pandangan. Bahkan juga akan merasa kerepotan ketika mengoperasikan laptop karena tampilan layarnya bermasalah.

Selain hindari menggosok layar terlalu keras, Anda juga jangan melakukan gerakan secara melingkar. Gerakan melingkar hanya akan membuat tekanan jadi tidak merata di layar laptop.

Solusi terbaiknya, Anda bisa menyeka layar satu arah secara lembut atau menggerakkan tangan dengan pola zigzag. Sebagai contoh, Anda bisa mengusap layar laptop dari arah kiri ke kanan dengan horizontal.

Hal ini bisa membuat tampilan layar laptop jadi lebih bersih. Layar di laptop juga tidak akan terkena goresan baru.

Biarkan Layar Kering Sendiri

Dalam cara membersihkan layar laptop, Anda jangan mengeringkannya dengan menggunakan hair dryer maupun alat lainnya. Penggunaan alat tersebut hanya akan merusak komponen internal di layar laptop.

Bukan tanpa alasan, alat ini memiliki suhu panas sehingga layar laptop bisa bermasalah. Alih-alih menggunakan alat bantuan, alangkah baiknya jika Anda membiarkan layarnya kering dengan sendirinya.

Waktunya memang tak sebentar, namun langkah ini relatif lebih aman. Hilangkan rasa ragu untuk melakukannya agar tampilan dan kualitas layar laptop tetap terjaga dengan baik.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara membersihkan layar laptop dengan minyak kayu putih cukup populer. Tak mengherankan karena minyak kayu putih mudah kita jumpai.

Bukan hanya itu saja, minyak kayu putih juga memiliki harga terjangkau sehingga tidak menguras isi dompet. Mengaplikasikan minyak kayu putih ini bisa membasmi jamur yang bersarang di layar laptop.

Soal bagaimana cara memanfaatkannya, Anda bisa mulai dengan siapkan kain yang memiliki serat halus terlebih dulu. Lalu bersihkan layar laptop dengan kain kering tanpa minyak kayu putih. Bisa pula menggunakan tisu kering.

Apabila layar laptop sudah benar-benar bersih atau terbebas dari debu, maka Anda bisa meneteskan minyak kayu putih di kain halus. Gunakan secukupnya saja.

Dari sini Anda bisa lanjutkan langkah dengan mengusap layar laptop yang kotor secara perlahan menggunakan kain tersebut. Lakukan secara hati-hati dan merata.

Jika sudah, Anda bisa lap dengan kain kering sampai benar-benar bersih. Bagaimana, caranya mudah bukan?

Hindari Larutan Pembersih Abrasif

Pada saat Anda ingin coba cara membersihkan layar laptop, memang harus jeli dalam memilih larutan pembersihnya. Kini memang sudah ada banyak cairan pembersih yang tersedia untuk membersihkan layar perangkat.

Seyogyanya Anda berhati-hati. Jangan sampai terlena menggunakan larutan pembersih yang bersifat abrasif. Larutan pembersih tersebut seperti halnya kandungan peroksida, pemutih, dan lainnya yang di dalamnya ada zat abrasif.

Penting untuk Anda pahami bahwa zat abrasif tersebut bisa merusak layar laptop. Tampilan layar pun jadi terganggu sehingga memaksa Anda untuk membuang banyak uang guna memperbaikinya.

Manfaat Membersihkan Layar Laptop

Usai mengetahui apa saja dan bagaimana cara membersihkan layar laptop, tak kalah penting pula untuk memahami beragam manfaatnya. Langsung saja, beberapa manfaat membersihkan layar di laptop ialah sebagai berikut.

Menjaga Tampilan Layar

Dengan rutin membersihkan layar, maka tampilannya bisa tetap menarik. Bahkan kondisi laptop Anda jadi terlihat seperti baru karena tampilan layarnya senantiasa bersih.

Karena hal itu, Anda perlu membersihkan layar laptop sesudah dan sebelum menggunakannya. Meski Anda jarang menggunakan laptop, tetap perlu membersihkan bagian layarnya.

Baik untuk Kesehatan Mata

Memandangi layar laptop keseringan atau dalam jangka waktu panjang, bisa mengganggu kesehatan mata. Memahami hal itu, Anda bisa cegah gangguan kesehatan mata dengan membersihkan bagian layarnya secara berkala.

Mengapa demikian? Hal ini karena membersihkan layar sama saja membantu fokus mata dalam mengoperasikan laptop. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan kuantitas atau intensitas memandang layar laptop.

Menjaga Kualitas Layar

Manfaat lainnya dari membersihkan layar laptop ialah bisa menjaga kualitasnya secara optimal. Sudah bukan rahasia lagi bahwa laptop yang memiliki layar jarang Anda bersihkan, bisa mendapatkan kesan mengalami penurunan kualitas.

Berbeda saat Anda membersihkan layar laptop secara rutin. Layar laptop terlihat terjaga kualitasnya. Poin ini juga bisa memperpanjang usia perangkat. Laptop jadi lebih awet untuk pemakaian dalam jangka panjang.

Walaupun Anda sudah menggunakannya selama bertahun-tahun pun, tampilan hamparan layarnya tetap mengesankan. Mutunya juga tidak mengalami penurunan. Karenanya, Anda pasti merasa beruntung bukan?

Kini Anda sudah bisa mengetahui bagaimana cara membersihkan layar laptop dengan baik. Hilangkan keraguan untuk membersihkan layar di laptop karena menawarkan banyak manfaat atau keuntungan tersendiri. Pastikan Anda membiasakan hal tersebut mulai dari sekarang demi laptop kesayangan.