Laptop  

Cara Menghubungkan Laptop ke TV Tanpa Menggunakan Kabel

Cara Menghubungkan Laptop ke TV
pixabay.com

Cara menghubungkan laptop ke TV bisa tanpa menggunakan kabel. Apabila menghubungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kabel tentu bisa lebih mudah dan praktis.

Langkah ini lebih efisien daripada menghubungkan laptop ke televisi menggunakan kabel HDMI. Para pemilik laptop tidak perlu susah payah dan membuang uang untuk membeli kabel HDMI lagi.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV dengan Mudah

Menghubungkan laptop ke TV bisa dilakukan dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan menonton. Mungkin sebagian dari Anda menyukai tontonan seperti drakor atau film-film horor. Apabila menonton film dari laptop mungkin terasa kurang leluasa karena ukuran layar yang terbatas.

Tetapi akan berbeda apabila menggunakan layar televisi untuk film-film tersebut. Maka dari itu bisa dengan menghubungkan laptop ke TV tanpa repot menggunakan kabel. Berikut ini merupakan langkah menghubungkan laptop ke televisi tanpa kabel HDMI:

Menggunakan Fitur HDTV

Cara menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel yang pertama yaitu menggunakan fitur HDTV. Selain fitur tersebut juga memerlukan perangkat tambahan yaitu wireless display adapter. Anda bisa memilih wireless display adapter pada teks elektronik terdekat. Ketika menggunakan langkah ini pastikan bahwa televisi Anda memiliki port HDMI dan USB. Laptop dan televisi ada juga harus memiliki dukungan teknologi miracast.

Umumnya teknologi ini bisa ditemukan pada laptop dengan OS Windows 10. Langkah ini bisa Anda lakukan apabila tidak ingin mendapatkan gangguan dari koneksi internet yang lemot. Selain itu, langkah ini juga bisa membuat sambungan laptop ke TV tanpa gangguan kabel panjang. Berikut ini merupakan langkah menghubungkan laptop ke televisi menggunakan fitur HDTV:

  1. Langkah pertama, masukkan wireless display adapter ke TV dan laptop.
  2. Setelah wireless display adapter terpasang maka layar laptop akan muncul pada layar televisi Anda.

Menggunakan Chromecast

Dalam menghubungkan laptop ke televisi juga bisa memanfaatkan chromecast. Teknologi chromecast akan memudahkan televisi yang sudah memiliki sistem Android untuk terhubung dengan laptop. Berikut ini merupakan langkah menghubungkan laptop ke televisi menggunakan chromecast:

  1. Langkah pertama buka browser Chrome pada laptop Anda terlebih dahulu.
  2. Apabila browser Chrome sudah terbuka, klik titik tiga pada pojok kanan bagian atas.
  3. Selanjutnya pilih menu cast, maka akan muncul pop up mencari device.
  4. Setelah itu temukan TV yang ingin Anda sambungkan dengan laptop, lalu klik.
  5. Kemudian tunggu proses pairing maka layar laptop akan tampil di televisi.

Menggunakan Airplay

Cara menghubungkan laptop ke TV selanjutnya bisa menggunakan airplay apabila laptop merupakan keluaran Apple. Bagi yang memiliki MacBook bisa memanfaatkan fitur airplay untuk menghubungkan dua perangkat tanpa kabel, berikut caranya:

  1. Langkah pertama nyalakan fitur airplay pada laptop dan televisi.
  2. Klik menu everyone untuk menyalakan fitur airplay pada MacBook.
  3. Selanjutnya, bukan menu utama Apple dan pilih system preferences.
  4. Kemudian pilih menu display dan klik display tab.
  5. Setelah itu klik display tab dan pilih airplay display lalu tekan on.
  6. Kemudian klik menu show mirroring option in the menu bar when available pada layar.
  7. Selanjutnya klik menu airplay pada sudut kanan bagian atas laptop, lalu pilih TV yang ingin Anda hubungkan.

Nonton Bisa Lebih Seru

Dengan menyambungkan laptop ke televisi tentu bisa membuat nonton film lebih nyaman. Layar televisi lebih besar dan bisa menampilkan film layaknya home theater. Nonton film bisa lebih asik apalagi jika ramai-ramai. Dengan begitu suasana nonton film pada layar yang lebih besar lebih menyenangkan.

Itulah beberapa cara menghubungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kabel HDMI. Langkah ini memang praktis dan mudah cocok bagi Anda yang tidak ingin repot. Dengan begitu kebutuhan dalam menyambungkan laptop ke layar televisi akan terpenuhi dengan mudah.