Laptop  

Cara Menambah RAM Laptop untuk Mendongkrak Performanya

Cara Menambah RAM Laptop
Istock

Memahami cara menambah RAM laptop sangatlah penting. Terutama bagi Anda yang memiliki laptop dengan kapasitas RAM terbatas. Karena selain membantu meningkatkan performanya, langkah tersebut juga efektif mendongkrak produktivitas dan kenyamanan kerja sehari-hari. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita ulas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Simak Cara Menambah RAM Laptop dengan Mudah dan Praktis

RAM atau Random Access Memory merupakan jenis memori semikonduktor yang cukup krusial pada perangkat gadget, tak terkecuali laptop. Mereka berfungsi untuk menyimpan data sementara yang prosesor butuhkan saat menjalankan program atau aplikasi. Artinya data yang tersimpan di dalamnya akan hilang ketika laptop off.

Kehadiran RAM di laptop memungkinkan penggunaan lebih banyak aplikasi secara bersamaan tanpa mengurangi kecepatan sistem. Sementara kapasitas Random Access Memory biasanya tersedia dalam ukuran gigabyte (GB).

Semakin besar kapasitasnya, maka lebih banyak juga aplikasi dan data yang dapat perangkat tangani secara efisien. Seperti menjalankan perangkat lunak pengeditan video hingga game yang membutuhkan sumber daya tinggi.

Setiap vendor laptop seringkali menyematkan ukuran RAM yang berbeda-beda. Kendati demikian, perangkat yang murah cenderung memiliki kapasitas kecil. Tapi tak perlu cemas, pasalnya, beberapa merk laptop menyediakan kemampuan upgrade RAM.

Pemilik bisa melakukan ekspansi dengan menambahkan modul RAM baru atau menggantinya. Ini memungkinkan mereka mengakomodasi kebutuhan komputasi yang lebih berat, tanpa harus membeli laptop mahal. Adapun cara menambah RAM laptop adalah sebagai berikut.

1. Identifikasi Apakah Tersedia Slot Tambahan

Sebelum membeli memori baru, pastikan untuk memeriksa spesifikasi laptop Anda terlebih dahulu. Hal ini penting guna mengetahui apakah di dalamnya tersedia slot tambahan untuk memasang RAM. Pasalnya, ada beberapa varian laptop yang slot RAM-nya disolder. Sehingga pemilik tidak mungkin melakukan ekspansi.

2. Pilih Jenis dan Kapasitas RAM yang Kompatibel

Setelah memastikan tersedia slot tambahan, langkah berikutnya yaitu memilih RAM yang kompatibel dengan perangkat. Biasanya setiap laptop memiliki ukuran khusus, misalnya 4GB. Maka ketika melakukan penambahan memori baru sebaiknya memasang dengan kapasitas yang sama. Memilih RAM dengan muatan lebih besar justru berisiko tinggi merusak laptop.

Di samping itu, pahami juga jenis memori yang perangkat Anda gunakan. Pasalnya, cara menambah RAM laptop bisa berhasil dengan aman apabila jenisnya sesuai. Misalnya DDR1, DDR2, DDR3, atau DDR4 seperti di laptop-laptop keluaran baru. Supaya semakin mudah dalam memilih, sebaiknya membeli merek yang serupa dengan jenis RAM lama.

3. Proses Pemasangan yang Benar

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, Anda bisa menuju ke proses pemasangan. Sebelum memasang, pastikan untuk mematikan laptop dan melepaskan semua sumber daya eksternal. Persiapkan alat seperti obeng kecil dan kain lembut untuk membersihkan area sekitar slot RAM. Langkah berikutnya bisa mengikuti prosedur di bawah ini.

  • Buka casing laptop dengan hati-hati menggunakan obeng kecil. Biasanya, slot RAM terletak di bawah tutup yang dapat Anda lepas dengan mudah.
  • Apabila casing sudah terbuka, cari slot yang kosong pada motherboard.
  • Tempatkan RAM tambahan secara hati-hati ke dalam slot dengan sudut yang tepat. Jika perlu tekan dengan lembut hingga terkunci.
  • Tutup casing kembali dan pastikan semua sekrup terpasang dengan baik.
  • Terakhir hidupkan laptop dan periksa apakah sistem mendeteksi RAM tambahan dengan benar.

4. Memanfaatkan Fasilitas Virtual Memory

Selain cara menambah RAM laptop secara fisik, Anda juga bisa melakukan upgrade melalui metode virtual. Langkahnya yaitu dengan memanfaatkan software bawaan Windows seperti Virtual Memory.

Secara sederhana, proses kerja sistem ini adalah dengan mengambil memori dari harddisk. Sehingga jika Anda melakukannya otomatis kapasitas hardisk laptop menjadi berkurang. Penting untuk Anda ingat, sebaiknya tidak menggunakan metode virtual jika memori harddisk terbatas.

Demikian tadi beberapa cara menambah RAM laptop yang terbilang mudah. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa melakukan ekspansi sendiri guna meningkatkan kinerja sistem secara signifikan. Semoga bermanfaat!