Gadget  

iQOO Z7 5G Ponsel Premium 3 Jutaan dengan Performa Kencang

iQOO Z7 5G
flickr.com

iQOO Z7 5G adalah opsi paling menarik bagi pengguna yang mengincar ponsel gaming terjangkau dengan performa memuaskan. Smartphone ini rilis secara global pada April 2023 lalu.

Meskipun sudah hampir berumur 1 tahun, performa ponsel ini masih sangat andal. Terutama untuk memenuhi kebutuhan gaming pengguna. Sehingga masih sangat recommended meskipun pengguna membelinya dalam kondisi bekas sekalipun.

Fitur dan Keunggulan Smartphone iQOO Z7 5G

iQOO merupakan brand smartphone naungan BBK Electronics dan menjadi anak perusahaan dari Vivo. Untuk jajaran produk iQOO sendiri lebih berfokus pada smartphone dengan performa tinggi.

Banyak yang menyebutnya dengan merek hp gaming murah. Namun, meskipun mendapat predikat murah, lini produknya jauh dari kata murahan. Justru desain dan kualitas produknya sangat premium dan bagus. Seperti dengan Z7 5G ini yang merupakan suksesor iQOO di tahun 2023 kemarin.

Desain Premium dan Elegan

Desain dan bentuk dari hp ini terinspirasi dari Vivo X70 Pro. Bagian belakangnya simpel dengan modul kamera persegi panjang. Hal paling menarik berikutnya adalah bentuk body lengkung dan finishing matte. Selain memberikan kenyamanan genggaman juga menjaga noda minyak serta sidik jari yang mudah menempel. Sehingga membuat bagian body belakang tidak mudah kotor.

Pada sisi depan ponsel, hal paling menarik adalah layar lengkungnya yang mewah. Kemudian gaya punch hole pada kamera depan yang unik. Dua poin tersebut membuatnya tampak sebagai smartphone premium dengan desain layaknya ponsel flagship.

Performa Chipset yang Mengesankan

Smartphone iQOO Z7 5G ini menggunakan chipset Snapdragon 782G. Prosesor ini memiliki fabrikasi 6nm oleh TSMC. Salah satu yang menjadi ciri khas iQOO adalah selalu melakukan overclock pada chipset smartphonenya.

1 core di SoC ini memiliki clock speed hingga 2,7 GHz. Tadinya hanya 2,4 GHz saja di Snapdragon 778G. Keunggulan dari chipset ini juga sudah mendukung jaringan 5G. Kemudian untuk pengolah grafisnya menggunakan Adreno 642L.

Dapur pacu tersebut didukung dengan adanya opsi RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB. Kemudian ada pilihan 12 GB dengan internal 256 GB. Spek tersebut Z7 5G mampu melibas game-game berat seperti Genshin Impact.

Kualitas Kamera Utama yang Legit

Ponsel ini memiliki satu kamera utama resolusi 64 MP f/1.79 dengan OIS dan EIS. Kemudian di bawahnya ada sensor depth 2 MP f/2.4 yang berfungsi untuk memberikan efek bokeh pada foto portrait. Kualitas kamera utamanya terbilang sangat mengesankan. Baik dalam kondisi cukup cahaya maupun di area gelap sekalipun. Berkat adanya fitur low-light yang mumpuni.

Untuk kualitas rekaman videonya juga cukup impresif. iQOO Z7 5G dapat merekam video dengan stabil pada resolusi 1080p di 30 maupun 60 fps dan 4K 30 fps. Sedangkan kamera depannya mampu merekam video hingga 1080p 30 fps saja.

Layar Jernih dengan Speaker Stereo

HP iQOO ini menggunakan layar panel IPS LCD resolusi Full HD+ dengan lebar 6,64 inci. Selain itu juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz dengan touch sampling 240 Hz. Kelebihan lain hadir di bagian audionya yang sudah menggunakan speaker stereo. Sehingga pengalaman bermain game dan menonton video jauh lebih memuaskan.

Ada Fitur NFC, Infrared, dan Jack Audio

Selain sudah menggunakan teknologi 5G dan WiFi 6, smartphone ini juga sudah memiliki fitur NFC. Kemudian untuk fitur konektivitas lainnya yang tidak kalah penting adalah adanya infrared blaster. Lalu ada jack audio 3,5 mm yang tentunya sudah jarang ditemukan di ponsel-ponsel keluaran terbaru saat ini.

Berbagai keunggulan iQOO Z7 5G tersebut membuat ponsel ini menjadi salah satu yang memiliki performa tangguh di kelas menengah. Dengan harga 3 jutaan saja, smartphone ini mampu menghadirkan spek yang mumpuni. Sehingga banyak pengguna yang nyaman menggunakan ponsel tersebut.