Apa Itu FUP, Kenali Lewat Fungsi dan Prinsip Kerjanya

Apa Itu FUP
unsplash.com

Tahukah Anda apa itu FUP? Istilah FUP identik dengan kuota internet unlimited. Idealnya, masyarakat memiliki ketertarikan pada kuota internet tanpa batas. Hanya saja, terdapat sejumlah persyaratan dalam penerapannya, yakni dengan kebijakan FUP.

Masalah kecepatan internet yang tiba-tiba melambat bisa jadi karena terkendala FUP di broadband. Kebijakan pembatasan kecepatan internet otomatis akan bekerja jika pemakaian internet melebihi batas data paket broadband para pengguna.

Apa Itu FUP

FUP atau kependekan dari Fair Use Policy merupakan suatu kebijakan agar pelanggan mengetahui bahwa kuota internet yang mereka pakai memiliki batas penggunaan wajar. Kebijakan tersebut sebagai antisipasi pengguna provider internet memonopoli bandwidth secara berlebihan.

Secara umum, tujuan dari penerapan FUP adalah memastikan agar semua pengguna provider berkesempatan mengakses internet yang stabil dan berkualitas. Ingatlah jika hampir semua orang membutuhkan internet. Bahkan di era digital saat ini, nyata melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan internet, orang bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses segala informasi, hiburan, dan komunikasi. Ketiga aktivitas tersebut merupakan kebutuhan krusial bagi setiap individu.

Dengan kehadiran kebijakan FUP, keseimbangan dan kualitas jaringan internet terjaga lebih seimbang. Semua pengguna provider mendapat perlakuan yang adil.

Pentingnya FUP Dalam Internet

Dalam prakteknya, FUP memberikan batasan jumlah data, dimana pengguna bisa memakainya dalam periode tertentu. Lantas, gunanya FUP itu apa dan seberapa penting kehadirannya? Adapun alasan mengapa setiap penyedia internet wajib memberlakukan kebijakan FUP adalah:

Akses Internet Dapat Merata

Provider penyedia layanan internet bisa mendistribusikan data internet secara merata kepada semua pengguna. Adanya FUP, mencegah pengguna memonopoli bandwidth, terutama bagi mereka yang terbiasa mengkonsumsi data dalam jumlah besar.

Konsumsi data yang tidak wajar berpotensi terjadinya penurunan kualitas jaringan. Bila hal ini sampai terjadi, maka akan merugikan pengguna.

Proteksi Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Internet

Tujuan penerapan kebijakan FUP yang tak kalah penting adalah mencegah terjadinya penyalahgunaan internet. Penggunaan internet untuk tujuan komersial tentunya membutuhkan pemakaian internet dalam jumlah besar.

Bahkan ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan tindakan penyimpangan terhadap hukum. Adanya FUP membuat penyedia layanan internet melakukan pengendalian terhadap akses internet yang tidak wajar dan berpotensi merugikan.

Menjaga Kualitas dan Keseimbangan Jaringan Internet

Semua pengguna pastinya menginginkan bisa menikmati internet dengan kualitas baik. Dalam hal ini, penting untuk menjaga keseimbangan jaringan internet agar pengguna bisa mengakses internet secara adil.

Kebijakan FUP memungkinkan provide menghindari terjadinya overload jaringan yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan.

Prinsip Kerja FUP

Secara sederhana, FUP merupakan pembatasan pemakaian internet pada paket unlimited. Setelah tahu apa itu FUP dan pentingnya kebijakan tersebut, kini saatnya mengetahui prinsip kerjanya.

Limit maksimal FUP pada setiap paket unlimited tentu tidak sama. Umumnya, berlaku penghitungan bulanan atau harian. Batas FUP akan menjadi penentu banyak data yang bisa pengguna pakai dalam kecepatan normal.

Prinsip kerja FUP juga dalam hal penurunan kecepatan. Kecepatan internet otomatis akan melambat saat pengguna telah melampaui batas FUP yang ditetapkan oleh masing-masing provider.

FUP juga mempertimbangkan periode paket internet, bisa harian maupun bulanan. Kecepatan internet akan normal kembali setelah masa FUP berakhir.

Setelah tahu apa itu FUP, fungsi, dan prinsip kerjanya, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Bagi yang ingin menekuni bidang IT, silakan menambah pengetahuan seputar jaringan dari berbagai referensi.