Laptop  

ASUS ZenBook 14X Pilihan Laptop Berkelas Bawa Desain Ringkas

ASUS ZenBook 14X
notebookcheck.net

ASUS ZenBook 14x merupakan salah satu pilihan laptop premium yang mengusung desain ringkas. Ini menjadi seri ultra portable ASUS yang menyasar pasar kalangan profesional. ZenBook 14x menawarkan laptop yang ringan dengan bobot yang mencapai 1.4kg.

Berbeda dengan laptop pada umumnya, ZenBook 14x telah membawa sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar space-grade yang berasal dari US Space System Command (SMC-S-016A) juga military-grade (MIL-STD 810H).

Lantas apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh laptop premium dari ASUS ini? Simak ulasan lengkap tentang ZenBook 14x berikut.

Asus Zenbook 14x Hadirkan Berbagai Keunggulan

Sebagai produsen laptop ternama di Tanah Air, ASUS selalu menghadirkan berbagai pilihan produk dengan portabilitas, kenyamanan, kualitas layar, serta responsivitas yang sangat unggul.

Salah satu produk unggulannya adalah ASUS seri ZenBook yang resmi meluncur di pasar Indonesia pada awal 2022 lalu. Pada seri ini menjadi lini produk laptop ultra portable lengkap yang menyuguhkan beragam model dalam pemenuhan berbagai kebutuhan pengguna.

Perangkat tersebut mengusung bentuk clamshell yang berupa laptop klasik dengan opsi platform Intel atau AMD kelas performa. Selain itu juga hadir dalam model laptop lipat atau flip yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai mode hingga mode tablet.

Daya tarik lain yang tersedia adalah keseluruhan lini seri produk laptop ASUS ZenBook 14x telah mendapatkan sokongan dari sistem operasi terbaru yakni Windows 11.

Dengan sistem operasi terbaru ini menjadikan perangkat mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan yang secara lancar dan efisien. Tampilannya pun juga lebih nyaman dan mudah untuk digunakan.

Desain Ekslusif dan Futuristik

Dari tampilan luarnya, ASUS ZenBook 14x memiliki desain yang khas yakni dengan pola yang tersebar di seluruh badan bodi serta warna emas kecoklatan yang nampak kalem.

Tampilan ini biasa disebut dengan Zero G-Titanium yang melambangkan konstruksi pesawat ruang angkasa yang mendapatkan kelengkapan dekorasi bergaya antarikasi. Dekorasi ini berupa morse code pada LID cover dan palm rest.

Selanjutnya, tampilan desain perangkat tampak lebih eksklusif berkat bekalan Zen Vision yakni layar kedua dengan tampilan unik serta bisa dikustomisasi. Layar ini dapat menampilkan keterangan tanggal, waktu, hingga stats baterai. Zen Vision juga bisa menampilkan animasi yang cukup menarik.

Terdapat pula layar P OLED pada bagian cover atas. Desain ini menjadi ciri dan daya tarik tersendiri bagi ZenBook 14x. Laptop mempunyai ketebalan berkisar 15,9 mm dengan berat mencapai 1,4 kg. Angka ini masih tergolong ringan dan cukup praktis untuk Anda bawa kemana saja.

Kualitas Visual Terbaik

ASUS memberikan bekalan ZenBook 14x dengan layar sentuh bezel tipis NanoEdge Display. Tampilan layar ini memiliki ukuran 14 inci jenis OLED dengan resolusi 4K Ultra High Definition (UHD).

Resolusi layar ini adalah 3840 x 2400 piksel dengan rasio aspek 16:10 yang mampu menghadirkan view workspace lebih luas. Layar pada ZenBook 14x menampilkan warna dengan kecerahan mencapai 550 nits yang sangat cemerlang da memadai untuk dapat menikmati konten multimedia.

Tersemat pula fitur SGS Eye Care Protection yang dapat membuat mata tak mudah lelah saat menatap layar dalam waktu yang lama. Dukungan teknologi layar ASUS ZenBook 14x mampu menghadirkan kualitas visual yang lebih mumpuni.

Tampilan warnanya pun lebih banyak dan akurat apabila kita bandingkan dengan laptop pada umumnya. Istimewanya lagi, layar pada perangkat ini juga telah mengantongi sertifikasi VESA Display HDR True Black 500 juga PANTONE Validated Display dengan color gamut mencapai 100% untuk menjamin akurasi warna.

Performa Kencang

Performa yang ditawarkan oleh ASUS ZenBook 14x sangat mumpuni dalam menangani beban komputasi. Hal ini karena perangkat mendapatkan dukungan dari prosesor Intel Core i7-12700H 14-core (20 thread) generasi Alder Lake atau Intel Core generasi ke-12.

Prosesor ini terdiri dari hexa-core VS-core 2.3 GHz Turbo Boost 4,7 GHz + octa-core E-core 1,7 GHz Turbo Boost 3,5GHz. Menariknya lagi, performa ZenBook 14x semakin diperkuat dengan kelengkapan RAM mencapai 16GB LPDDR5-4800 MHz dual-channel onboard.

Dengan demikian perangkat tidak dapat diupgrade lagi. Sementara itu untuk sisi grafisnya, laptop unggulan ASUS ini dapat dikatakan cukup handal di kelasnya. Ini berkat dukungan GPU yang terintegrasi dari Intel Iris Xe Graphics G7 tanpa dukungan grafis diskrit.

Sebagai tambahan informasi, GPU Intel Iris Xe Graphics G7 hadir dengan 96 execution unit (EU) dengan kecepatan 400 – 1450 MHz. Performa grafis intel Iris Xe Graphics G7 ini diklaim setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX350.

Fitur Pelengkap

ZenBook 14X mendapatkan bekalan dengan sejumlah fitur penunjang aktivitas komputasi modern. Salah satunya memiliki fitur konektivitas yang sangat lengkap. Perangkat ini hadir dengan berbagai port mulai dari HDMI 2.1 TMDS, USB 3.2 Gen2 Type-A, 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader.

Selain itu, laptop juga mendapatkan kelengkapan dua port Thunderbolt™ 4. Dalam port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya mempunyai kecepatan transfer data yang tinggi, akan tetapi juga sudah support fitur DisplayPort serta USB power delivery.

Maka dari itu, ZenBook 14x dapat dihubungkan ke monitor eksternal dengan menggunakan USB Type-C yang memiliki resolusi hingga 8K. Perangkat juga dapat diisi daya baterainya memakai charger dan power bank USB Type-C sehingga mampu meningkatkan mobilitasnya.

Tidak hanya tampil dengan desain yang sangat tangguh, laptop premium dari ASUS ini juga nyaman saat digunakan. Ini berkat dukungan teknologi keyboard ASUS ErgoSense yang dirancang khusus supaya aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman.

Pada keyboard ASUS ErgoSense mempunyai jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik. Permukaan tombol dirancang sedemikian rupa agar jari dapat menyentuh dengan lebih akurat.

Untuk keyboard ASUS ErgoSense juga mempunyai jarak tekan tepat, yakni sejauh 1,4mm. Hal ini sangat memungkinkan penggunanya memperoleh pengalaman mengetik terbaik.

Hal mengesankan lainnya bahwa ASUS ZenBook 14x memiliki touchpad yang ukurannya besar dikombinasikan dengan permukaan yang secara khusus dirancang. Ini bertujuan supaya penggunanya bisa mengontrol laptop dengan lebih nyaman dan akurat.

Touchpad pada perangkat ini juga mendapatkan kelengkapan NumberPad 2.0. Ini adalah fitur yang memungkinkan touchpad bisa berganti menjadi numpad hanya dalam satu sentuhan saja. Selain itu, NumberPad 2.0 juga dapat membuat input angka menjadi lebih mudah pada laptop.

Untuk dapat meredam panas, ZenBook 14X diperkuat dengan solusi pendingin yang ampuh IceCool Plus. Fitur ini terdiri dari dua buah kipas liquid-crystal polymer bersama dengan 82 bilah yang powerful.

Solusi pendingin pada perangkat ini ditandemkan dengan dua buah heatpipe serta dua ventilasi. Dalam hal ini para pengguna dapat memilih 3 profil pendinginan sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi My Asus.

Kapasitas Baterai Laptop

Laptop futuristik  Zenbook 14X ini juga mendapatkan bekalan baterai yang cukup mumpuni. Dengan kapasitas 3 Cell 3S1P 63 WHr lithium-polymer battery yang dapat bertahan lama guna menunjang mobilitas.

Baterai juga mendapatkan kelengkapan fitur fast charging yang bisa mengisi daya hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja melalui port USB Type-C.

Dengan kata lain, ASUS ZenBook 14x merupakan laptop premium yang menyuguhkan daya tarik tersendiri. Perangkat ini dapat menjadi pilihan konsumen yang menginginkan konsep desain yang berbeda, performa handal dan tangguh.